Kegiatan Sosialisasi dan Evaluasi Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik di Kelurahan Mekarsari. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bersama masyatakat antusias melakukan upaya preventif melalui gerakan membasmi jentik nyamuk dan menyukseskan gerakan Satu Rumah Satu Jumantik (Juru Pemantau Jentik). Salah satunya Kelurahan Mekarsari melalui kegiatan Sosialisasi dan Evaluasi Satu Rumah Satu Jumantik bagi semua elemen masyarakat.

Menurut Lurah Mekarsari Iqbal Faroid, pihaknya mengajak warganya untuk meningkatkan peran serta dan pemberdayaan masyarakat berbasis keluarga untuk melakukan pencegahan bersama. Mengingat, upaya tersebut sangat efektif dalam menurunkan angka penderita dan kematian akibat DBD.

“Untuk menyukseskan gerakan ini butuh peran serta dari seluruh elemen masyarakat. Maka kami gencar mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk berperan dalam menjaga lingkungan sekitar tetap bersih,” tuturnya kepada depok.go.id di kantor Kelurahan Mekarsari, belum lama ini.

Dikatakannya, dalam melaksanakan gerakan tersebut, pihaknya juga terus bersinergi bersama pihak Puskesmas Mekarsari. Selain juga dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dalam memberikan pemahaman dan pelatihan Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik.

Lebih lanjut, ucapnya, dengan menggaungkan dan mengampanyekan gerakan tersebut ke masyarakat, pihaknya ingin masyarakat dapat lebih aktif dalam menjalankan gerakan tersebut. Tentunya juga dengan harapan tidak akan ada lagi masyarakat yang terkena DBD di wilayah Kelurahan Mekarsari.

Iqbal pun berpesan kepada masyarakat agar aktif menyebarkan informasi mengenai Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik kepada teman, keluarga, saudara, hingga masyarakat sekitar. Dengan begitu, pemahaman yang sama terkait pentingnya jumantik dan penerapan pemberantasan sarang nyamuk akan tercipta di wilayah Mekarsari.

“Mari sama-sama kita berantas sarang nyamuk dengan gerakan ini. Warga juga harus tetap menjaga kesehatan lingkungan tempat tinggal,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :