depok.go.id-Terpilihnya Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) RW 14 Kelurahan Sukatani mewakili Kota Depok dalam Lomba Posyandu dan Posyandu Award Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Posyandu.

Lurah Sukatani, Yan Cahyanto mengatakan, pemeriksaan balita tidak harus dilakukan di rumah sakit. Menurutnya, pemeriksaan kesehatan, pemberian vitamin, dan segala hal yang berkaitan dengan hal tersebut ada di Posyandu.

“Tingkat kehadiran balita yang datang ke Posyandu sekarang ini 94 persen,” ujarnya kepada depok.go.id, belum lama ini.

Dirinya mengatakan, keberhasilan tersebut tidak lepas dari kerja keras kader Posyandu RW 14 yang telah melakukan kegiatan sesuai dengan fungsinya, khususnya memberikan edukasi pada masyarakat yang mempunyai balita untuk datang ke Posyandu. Lebih lanjut, dirinya menyebutkan, salah satu kegiatan Posyandu yang cukup berpengaruh adalah keberadaan kader penjemput balita (Jelita).

“Balita yang tidak hadir di sini, dikunjungi ke sana (rumah),”  katanya.

Sejalan dengan hal tersebut, Ketua Posyandu RW 14, Yeti mengatakan, dirinya mengharuskan kader untuk mendekati balita yang ada di lingkungan terdekatnya. Sehingga, jika orang tua balita tidak ada, kader harus bisa membawa balita itu untuk melakukan pemeriksaan. Dia mengatakan, untuk mendukung kegiatan tersebut, Posyandu juga menyediakan gerobak motor balita (Germota).

“Kita juga ada Germota. Mungkin anak-anak senang naik itu, kita sediakan bangku-bangku kecil. Walaupun dua orang, kita tetap angkut,” tutupnya.

Penulis: Eka Suci Setyaningrum

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :