Pihak SMPN 3 Kota Depok bersama Sekretaris Gugus Tugas KLA Kota Depok, Elly Farida (tengah) dan DPAPMK Depok serta Tim Penilai SRA di aula SMPN 3 Kota Depok, Rabu (13/11/2019). (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – SMP Negeri (SMPN) 3 Depok menjadi sekolah kedua yang mendapatkan penilaian terkait Sekolah Ramah Anak (SRA). Kegiatan yang digagas Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok tersebut digelar untuk mengevaluasi penyelenggaraan SRA di satuan pendidikan tersebut.

“Sejauh mana peran dan kegiatan sekolah tersebut dalam mengimplementasikan SRA. Karena yang dinilai ini, adalah sekolah yang memiliki Surat Keputusan (SK) SRA dan diajukan oleh kecamatan,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Tumbuh Kembang dan Pengembangan Kota Layak Anak (TK-PKLA) pada DPAPMK Kota Depok, Yulia Oktavia di SMPN 3 Depok, Rabu (13/11/2019).

Yulia mengatakan, ada berbagai indikator yang dinilai dalam perlombaan tersebut. Mulai dari kelembagaan yang terkait dengan komitmen SRA, proses Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM), dan perilaku sehari-hari warga sekolah.

“Baik dari guru, orangtua, dan komite sekolah. Termasuk menilai kebersihan dan hal-hal yang membuat anak merasa nyaman dan aman berada di sekolah,” katanya.

Dikatakannya, penilaian dilakukan dengan melibatkan perangkat daerah terkait sebagai dewan juri, di antaranya Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok. Selain itu, sambungnya, tahapan penilaian berupa pemaparan dari kepala sekolah (kepsek) dan wawancara.

“Mudah-mudahan melalui acara ini, menjadi langkah positif untuk mewujudkan SRA di Kota Depok, termasuk di semua jenjang pendidikan,” tutupnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :