Suasana pelatihan UMK Kelurahan Kemiri Muka belum lama ini. ( Foto : Janet/diskominfo)

depok.go.id-Enam kelurahan di Kecamatan Beji serentak menggelar kegiatan pelatihan Usaha Mikro dan Kecil (UMK). Termasuk Kelurahan Kemiri Muka yang turut menyelenggarakan pelatihan UMK untuk semakin meningkatkan ekonomi warganya.

Lurah Kemiri Muka, Khairul Adyan mengatakan, wilayahnya memiliki banyak potensi usaha yang harus dikembangkan.

Namun, untuk mendorong kemandirian pangan, pihaknya mengajak warga mengembangkan pertanian urban.

“Kemiri Muka ini padat penduduk letaknya dekat dengan Jalan Margonda Raya. Berbagi macam usaha ada di sini, seperti binatu, makanan, kos-kosan dan lainnya. Tapi, kami ingin mengembangkan pertanian urban,” ujarnya kepada depok.go.id Kamis (14/11/2019).

Dikatakannya, pertanian urban ini bisa dilakukan oleh semua warga di Kemiri Muka meskipun lahannya terbatas. Kemarin (13/11) pihaknya memberikan pelatihan kemasan, agar nanti produk pertanian bukan sekadar dikonsumsi sendiri, melainkan bisa dijual.

“Pertanian urban sudah dilakukan sebelumnya  di RW 09. Di Kemiri Muka ada 20 RW, minimal 1 rumah harus bisa menanam sayur atau buah secara hidroponik. Untuk pelatihan selanjutnya, kemungkinan kita akan studi banding ke tempat yang sudah menerapkan pertanian urban,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, pengusaha skala besar sudah ada di Kemiri Muka. Maka itu pelatihan ini untuk memberdayakan masyarakat, agar bisa memajukan pertanian urban.

“Kami ingin warga bisa rajin makan sayur dan buah. Tidak perlu beli, ada di pekarangan rumah kita sendiri. Jika sudah banyak ini bisa jadi peluang ekonomi,” ucapnya.

Penulis : Janet Swastika

Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :