Lomba Orasi Antar Pelajar SMA SMK Se-Kota Depok 3depok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama Center for Election and Political Party (CEPP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Indonesia (UI) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, menggelar kegiatan Rock The Vote. Acara yang digelar di Hotel Bumi Wiyata tersebut, diisi dengan lomba orasi antar pelajar SMA dan SMK tingkat Kota Depok.

Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, lomba orasi diikuti oleh 44 peserta dari SMA dan SMK terbaik yang ada di Kota Depok. Setiap peserta, telah mengikuti babak penyisihan yang digelar di Fisip UI pada Sabtu 09 Desember 2017

“Dari 44 peserta kemudian kami saring kembali menjadi 10 peserta terbaik. Kesepuluh peserta tersebut yang tampil pada grand final lomba orasi antar pelajar hari ini,” kata Dadang, Kamis (14/12/2017).

Lebih lanjut, dirinya menuturkan, melalui kegiatan yang mengusung tema “Andai Aku Jadi Gubernur Jawa Barat”, diharapkan para pelajar yang merupakan pemilih pemula pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) tahun 2018 dapat memiliki wawasan politik yang baik. Serta tidak bersifat apatis terhadap pelaksanaan Pilgub Jabar tersebut.

“Para pelajar harus memiliki pengetahuan politik yang baik. Sebab, penerus pemimpin bangsa berada di tangan mereka. Karena itu, jangan sampai mereka tak acuh terhadap pelaksanaan Pilgub Jabar nanti,” tuturnya.

Di tempat yang sama,  Direktur CEPP Fisip UI Reni Suwarso menjelaskan, program Rock The Vote merupakan kegiatan internasional yang telah diselenggarakan di 53 negara. Melalui program tersebut, CEPP Fisip UI bekerjasama dengan Pemkot Depok untuk mendorong peningkatan pemahaman ilmu politik bagi kalangan pemilih pemula di Kota Depok.

“Terlebih sebentar lagi kita akan menghadapi Pilgub Jabar tahun 2018. Kami ingin mengedukasi bahwa pelaksanaan pemilihan umum adalah ajang untuk mengadu ide untuk memajukan daerah, bukan untuk ajang menyebar isu sara,” tutupnya.

Penulis : Guntur Widyanto
Editor : Retno Yulianti dan Rita Nurlita
Diskominfo

Bagikan post melalui :