martinho vas

Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kota Depok, Martinho Vaz. (Foto : Jose/Diskominfo)

depok.go.id – Untuk memberikan jaminan mutu produk yang dihasilkan oleh pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Depok, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) memfasilitasi pembuatan sertifikat halal. Di tahun 2017 terdapat 30 pelaku IKM yang difasilitasi dan ke depan jumlahnya akan terus bertambah seiring tingginya kesadaran pelaku usaha dalam mematuhi aturan yang berlaku.

Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kota Depok, Martinho Vaz mengatakan, para pelaku IKM tersebut telah melengkapi berkas permohonan halal ke Disdagin dan telah ditindaklanjuti ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat. Saat ini, kata Martin, sedang diverifikasi kelengkapan berkas oleh MUI.

“Untuk jenis produk yang kita fasiltasi ini beragam, seperti makanan dan minuman,” tuturnya saat ditemui depok.go.id di ruang kerjanya, Kamis (14/12/17).

Ia menambahkan, tujuan dari fasilitasi halal tersebut untuk memberikan jaminan kepada konsumen terhadap produk yang diproduksi di Kota Depok, bahwa produk tersebut layak untuk dikonsumsi. Selain itu, lanjut Martin, hal ini juga untuk menjamin kepastian pasar terhadap produk yang dihasilkah oleh para pelaku usaha.

“Karena apabila produk tersebut terdapat label halal, maka akan menguntungkan baik produsen maupun konsumen yang membeli produk tersebut,” ujarnya.

Ia menjelaskan para pelaku usaha yang telah diajukan tersebut, nantinya akan dilakukan verifikasi oleh MUI Provinsi Jawa Barat. Verifikasi yang dilakukan mulai dari verifikasi administrasi hingga verifikasi lapangan.

“Selanjutnya dari pihak MUI akan langsung melakukan survei ke lokasi usaha masing-masing pelaku IKM di bulan Desember ini. Mudah-mudahan bisa lolos semua,” harapnya.

Penulis : Jose

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :