Ketua FKUB Kota Depok, Habib Muhsin Alatas (tengah). (Foto : Diskominfo)

depok.go.id- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Depok turut memberikan sumbangsih dalam menciptakan kehidupan yang harmonis, demi terwujudnya Depok yang damai. Upaya itu terwujud dengan menjunjung tinggi nilai-nilai beragama, serta menjadikan agama sebagai sumber moral dan etika pergaulan masyarakat Depok.

Ketua FKUB Kota Depok, Habib Muhsin Alatas mengajak, seluruh masyarakat Depok untuk tidak mudah digiring pada opini yang bisa memecah kerukunan beragama. Semua pihak, kata Muhsin, harus mengedepankan silaturahmi dan komunikasi yang baik antarumat beragama.

“Saya berharap wawasan kebangsaan kita terus ditingkatkan, agar dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama jadi kondusif sehingga Depok stabil dalam kehidupan beragama,” ujar Habib Muhsin Alatas, di Hotel Bumi Wiyata, Jumat (14/12/2018).

Ditambahkannya, dalam kehidupan beragama ada dua nilai yang diakui yaitu teologis dan universal. Dalam nilai teologis ini mengenai keyakinan dengan kenabian, kitab suci, dan keimanan. Untuk nilai ini harus dikedepankan toleransi dengan tidak saling mengejek. Sedangkan nilai universal, jelas Muhsin, semua agama akan berpendapat kebohongan dan penipuan merupakan perbuatan tidak terpuji. Serta harus selalu tepati janji maupun tidak boleh berdusta.

“Kita sebagai umat beragama, bermasyarakat, dan bernegara wilayahnya ada di nilai universal, karena kalau nilai teologis memang harus toleransi saja yang dikedepankan,” pungkasnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :