depok.go.id – Saat ini, kopi menjadi gaya hidup bagi sebagian orang, tidak hanya kaum lelaki, banyak kalangan wanita juga mulai menyukai minuman yang memiliki aroma khas ini. Penyajian kopi yang variatif, yaitu dapat disajikan dalam bentuk panas maupun dingin membuat minuman yang satu ini rasanya tidak akan pernah kehabisan penggemar.

Secangkir kopi, terkadang menjadi pelengkap yang tepat saat istirahat. Selain itu, kopi juga dapat menjadi teman yang hangat saat berbincang, serta kopi juga bisa menjadi penyemangat sebelum menjalani aktivitas, apalagi pada saat begadang.

“Kopi itu memang  berkhasiat menjadikan aliran pikiran lebih cepat serta jernih, dan juga mengusir kantuk dan lelah. Ini semua karena yang ada di dalam kandungan zat di dalam kopi bernama kafein,” ujar Kepala Seksi Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Sih Mahayanti.

Meskipun demikian, Sih mengingatkan kepada para penggemar kopi untuk tetap mengimbangi dengan tetap meminum air putih yang banyak. Hal tersebut karena menurut wanita yang bertitel dokter ini, dengan meminum kopi akan merangsang pengeluaran urin, sehingga diperlukan minum air putih agar dapat mengganti cairan yang keluar.

“Minum kopi boleh-boleh saja, namun ada baiknya ditambah dengan minum air putih yang cukup,” pungkas Sih.

Sih menyarankan agar para wanita hamil untuk dapat menghindari kopi, karena hal ini dapat menyebabkan meningkatnya detak jantung, syaraf mata berkontraksi, bahkan hingga kepala pusing. Efek tersebut dikatakan Sih jika dialami ibu hamil maka yang terjadi adalah dapat membahayakan kesehatan ibu dan janinnya. Kalaupun memang ingin minum kopi, Sih menuturkan ibu hamil ini harus minum air putih lebih banyak lagi.

“Lebih baik hindari minum kopi untuk ibu hamil, karena dapat membahayakan kesehatan ibu dan calon bayi,” tutur Sih seraya mengimbau. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :