Suasana rapat koordinasi antara Disdukcapil Kota Depok bersama KPU Kota Depok dan Rutan Cilodong Kelas II B di ruang Gisa, Selasa (14/01/2019) (Foto: Bima/Diskominfo)

depok.go.id-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok akan melakukan jemput bola untuk penyerahan dan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik ke  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cilodong. Pelayanan  tersebut diberikan, guna memenuhi hak pilih masyarakat pada Pemilu 17 April 2019.

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir menuturkan, pelayanan jemput bola ini sebagai upaya  percepatan perekaman e-KTP untuk semua warga, termasuk yang di dalam lapas. Dalam mendukung kelancaran pelayanan, pihaknya menugaskan 8 personel untuk melakukan perekaman di dalam Lapas Cilodong.

“Hari ini kami melakukan rapat koordinasi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Lapas Cilodong. Agar pada saat pelaksanaan dapat berjalan baik,” ujar Munir usai melakuan rapat koordinasi di Ruang GISA, Disdukcapil Kota Depok, Selasa (15/01/2019).

Dikatakannya, perekaman di lapas akan diprioritaskan dulu kepada warga Depok. Upaya jemput bola tersebut, merupakan arahan dari Kementerian Dalam Negeri agar melakukan perekaman serentak di lapas seluruh Indonesia.

“Intinya jemput bola di lapas ini salah satu dari wujud perhatian pemerintah terhadap hak-hak warga, terutama warga binaan. Di luar itu, kami terus mendorong masyarakat melakukan perekaman di kelurahan tempat tinggalnya sampai dengan H-1 pelaksanaan Pemilu,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna, memberikan apresiasi kepada Disdukcapil Depok atas sinerginya dalam menciptakan pemilih yang berkualitas. Menurutnya, sinergi ini sangat dibutuhkan dalam melancarkan pelaksanaan Pemilu 2019.

“KPU juga akan mengirimkan personel untuk mendampingi Disdukcapil melaksanakan perekaman. Semua ini untuk terwujudnya Pemilu yang baik, aman dan lancar,” pungkasnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :