Kelurahan Cipayung Jaya mengadakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kelurahan di Aula Kantor Kelurahan Cipayung Jaya, Depok, Selasa (15/01/2019). (Foto : Bima/Diskominfo)

Dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2019 di Kelurahan Cipayung Jaya, Puskesmas Cipayung ikut mengajukan beberapa usulan. Perbaikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat jadi sorotan Puskesmas Cipayung, agar bisa diakomodir dalam kegiatan Musrenbang tahun ini.

“Untuk Musrenbang 2019, ada beberapa yang kami usulkan. Di antaranya terkait program PHBS yang dinilai masih kurang di wilayah Cipayung Jaya. Selain itu, kesadaran masyarakat akan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) masih minim,” ujar Kepala Puskesmas Cipayung, Kurnia Permitasari, usai kegiatan Musrenbang di Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung, Selasa (15/01/19).

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya mengusulkan agar informasi KTR diperluas dengan adanya stiker maupun leaflet terkait bahaya merokok. Sehingga diharapkan, kesadaran masyarakat meningkat dan tidak menimbulkan kerugian bagi kesehatan orang lain.

“Selain itu, untuk mendukung Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), kami akan melakukan upaya promotif berupa pemeriksaan tensi mulai usia 15 tahun ke atas dan memeriksa masyarakat yang berpotensi menderita Tuberkulosis (TB),” katanya.

Diakuinya, untuk penerapan PHBS, pihaknya akan memberikan surat instruksi sebagai bentuk kerja sama antara RT, RW dan pihak kelurahan terkait kebersihan.

“Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah berkembangnya penyakit yang dibawa dari lingkungan maupun hewan. Kita semua bertanggung jawab atas kebersihan di rumah dan lingkungan masing-masing. Mudah-mudahan usulan yang kami ajukan bisa terakomodir untuk kepentingan masyarakat,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Bagikan post melalui :