jalur sepeda

Jalur kiri khusus motor di Jalan Margonda. (Foto : Agus/Diskominfo)

depok.go.id – Budaya tertib lalu lintas terus disosialisasikan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok. Selain membuat regulasi, Dishub juga akan menyediakan fasilitas pendukung ketertiban berlalu lintas dengan membuat jalur khusus motor dan angkutan kota (angkot).

Kepala Bidang Bimbingan Keselamatan dan Ketertiban Dishub Kota Depok, Sariyo Sabani menjelaskan, untuk motor dan angkutan kota akan dibuatkan jalur khusus di sebelah kiri jalan. Namun, sebelum membuat fasilitas itu, Dishub akan melakukan kajian terlebih dahulu.

“Ini dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan, dan kendaraan yang melintas lebih teratur,” jelasnya, Selasa (14/02/2017).

Menurutnya, jumlah kendaraan bermotor, khususnya roda dua di Depok sudah cukup banyak. Jenis kendaraan ini banyak dipilih warga, karena dianggap bisa menembus kepadatan lalu lintas.

“Sementara tahun 2017, kita adakan di Jalan Margonda dulu. Setelah itu, semua jalan raya di Kota Depok,” ujarnya.

Dikatakannya, keberadaan angkutan kota menjadi perhatian Dinas Perhubungan, karena itu angkutan kota diimbau menggunakan jalur sebelah kiri. Ini terkait dengan keselamatan penumpang dan ketertiban lalu lintas di jalan raya.

“Saat ini kita lihat banyak angkot yang sembarangan berhenti, kadang dari jalur kanan langsung ke jalur kiri. Itu dapat membahayakan dan menimbulkan kemacetan,” tegasnya.

Program ini diharapkan dapat membantu mengatasi kemacetan di Kota Depok. Begitu pun dari sisi kesadaran warga, pengendara akan semakin tertib dan santun di jalan raya.

Penulis : Agus
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :