kodim jamban

BANTU WARGA DEPOK: Kodim 0508/Depok memberi bantuan jamban sehat kepada warga Depok yang tidak mampu di 11 kecamatan. (Foto: Fajar)

depok.go.id- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menargetkan program sanitasi rampung 100 persen di Depok pada tahun 2019. Untuk mendukung program tersebut, Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok juga menjalankan program jambanisasi di 11 kecamatan. Danramil 02/Beji, Kapten Syahroni mengatakan Kodim 0508/Depok berencana membangun 1000 jamban setiap tahun.

“Pembuatan jamban tersebut untuk warga Depok yang kurang, karena banyak dari mereka malah buang air di kali Ciliwung. Untuk itu, kami ingin mengajak warga meningkatkan kualitas hidup sehat. Rencananya tiap enam bulan, kami bisa bangun 500 jamban di 11 kecamatan. Pembuatan jamban merupakan hasil kerjabakti babinsa di tiap kecamatan bersama warga sekitar,”jelasnya kepada depok.go.id, Selasa (14/02/2017).

Lebih lanjut, ia menuturkan, program jambanisasi sudah diadakan sejak tahun 2015 oleh Kodim 0508/Depok. Hingga kini, jumlah warga Depok yang terbantu mencapai 1000 rumah. Rencananya program tersebut akan dilanjutkan April 2017.

“Sejak tahun 2015 hingga 2016, sudah ada sekitar 1000 jamban yang kita bangun,” ujar anggota Tentara Nasional Indonesia yang juga Mantan Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0508/Depok itu

Dirinya menjelaskan, dalam upaya mewujudkan program tersebut, babinsa yang ada di setiap kecamatan mensurvei warga yang tidak memiliki jamban, maupun masih menggunakan jamban yang tak layak.

“Jamban yang layak itu tidak kotor, tidak rusak. Pokoknya sanitasi lingkungannya menerapkan pola hidup bersih,”katanya.

Ia menambahkan, Kodim 0508/Depok juga akan mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkot Depok, untuk mewujudkan 100 persen sanitasi yang layak. Dia juga mengungkakan, bagi warga yang telah dibantu perbaikan sanitasi, agar menjaga kebersihan jambannya yang sehat.

“Rencananya kerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok, karena OPD itu punya program jamban keluarga. Maka, bila bisa jalin sinergitas akan lebih baik. Masyarakat yang telah terpasang jamban sehat, kami juga mengimbau agar memeliharanya dengan baik,” tutupnya.

Penulis: Fajar Nur Cahyo

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :