kpp2

Beri Kemudahan : Pelaksana Seksi Extensifikasi dan Penyuluhan Fenny Rosari Simamora (kiri) dan Kepala Seksi Extensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Depok Sawangan Rahmat (kanan) mejelaskan kemudahan yang di berikan untuk pembayaran SPT di KPP Pratama Depok Sawangan, Selasa (14\02) (Foto: Janet/ Diskominfo)

depok.go.id- KPP Pratama Depok Sawangan bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan membuka Pojok Pajak di Kantor Walikota Depok, selama waktu pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) berlangsung. Hal itu dikakukan agar akses kemudahan dalam pelaporan SPT Pegawai Negeri Sipil (PNS). Selain itu, KPP Pratama Depok Sawangan juga akan  membuka pojok pajak di Kantor Aparatur Negara seperti Kantor Polisi, TNI dan kantor lainnya di Depok.  Rencananya pojok itu juga akan di buka di 11 kecamatan yang ada di Kota Depok.

Kepala Seksi Extensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Depok Sawangan, Rahmat mengatakan, SPT merupakan laporan pajak yang dilaporkan satu tahun sekali (tahunan), baik oleh wajib pajak badan maupun pribadi, yang berhubungan dengan perhitungan dan pembayaran pajak penghasilan. Disamping itu, kerjasama antara KPP Pratama dengan Pemkot Depok sudah rutin dilakukan, seperti pengajuan surat koordinasi pelayanan pajak yang sudah rutin dilakukan setiap tahunnya.

“Pojok pajak itu sebagai bentuk peningkatan pelayanan KPP Pratama, petugas pajak akan datang ke Balaikota dan juga Kantor Polisi atau TNI, selain itu bagi perusahaan di Depok yang meminta untuk membuka loket pajak, kami (KPP Pratama) akan membuka pojok tersebut” katanya kepada depok.go.id Selasa (14/02/2017).

Rahmat menuturkan, upaya tersebut dilakukan untuk menghindari membludaknya para wajib pajak dalam pembayaran SPT di KPP Pratama, tentu upaya itu akan memudahkan bagi PNS, Polisi, TNI, dan para karyawan perusahaan swasta.

“Jadi tidak perlu datang ke kantor pajak, kami yang akan datang kepada wajib pajak dikota Depok” ungkapnya.

Dia juga menambahkan , pojok pajak juga sebagai sarana sosialisasi E Filing, yaitu cara pelaporan SPT tahunan secara online, simulasi cara pengisian kolom pada aplikasi e-filing, diharapkan  kedepannya dapat dengan mudah di lakukan oleh PNS, Aparat Negara dan juga masyarakat. Fasilitas e-filing ini merupakan kemajuan teknologi yang di buat KPP Pajak Pratama Depok Sawangan yang bersinergi dengan  salah satu program unggulan Kota Depok yaitu Depok Cyber City. E-filing merupakan aplikasi yang bisa digunakan di smartphone maupun PC yang memudahkan dalam pembayaran dan pelaporan pajak.

Penulis: Janet Swastika

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :