FKUB Habib Muhsin

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Depok, Habib Muhsin Alatas. (Foto: Istimewa)

depok.go.id- Dalam mengurus ijin pembangunan rumah ibadah. Peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Depok adalah memberikan rekomendasi tertulis sebagai syarat tambahan pengurusan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) rumah ibadah.

Ketua FKUB Kota Depok, Habib Muhsin Alatas menilai, pengurusan IMB untuk rumah ibadah penting agar tidak terjadi keresahan hingga perselisihan antar umat beragama. Karena itu, pihaknya membantu Pemerintah Kota untuk menyosialisasikan kepada warga Depok terkait pengurusan IMB rumah ibadah.

“Ini penting untuk diurus. Karena tidak jarang kami mendapatkan laporan dari masyarakat mengenai adanya pengalihan rumah tinggal menjadi rumah ibadah,” jelasnya kepada depok.go.id, Selasa (14/03/2017).

Selain mengurus persyaratan administratif seperti IMB, pembangunan rumah ibadah juga memiliki beberapa syarat tambahan. Diantaranya adalah daftar nama serta Kartu Tanda Penduduk (KTP) pengguna rumah ibadah sedikitnya ada 90 orang. Lalu dukungan masyarakat setempat sebanyak 60 orang. Dan juga rekomendasi tertulis dari Kepala Kantor Departemen Agama dan FKUB Kota Depok.

“Kalau sudah legal, masyarakat juga lebih tenang dalam beribadah. Untuk masyarakat pengguna rumah ibadah maupun warga sekitar,” tuturnya..

Lebih lanjut, Muchsin menuturkan, jika terjadi pelanggaran terkait legalitas pembangunan rumah ibadah, maka sebaiknya masyarakat mengedepankan upaya musyawarah. Sehingga kenyamanan serta kerukunan dalam beragama dapat terwujud.

“Kalau upaya musyawarah tidak membuahkan hasil, maka penggungat bisa berkonsultasi ke FKUB di Jalan Mangga Raya Nomor 78, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas. Kami akan membantu melakukan mediasi dengan Pemerintah Kota Depok,” tutupnya.

 

 

Penulis: Fajar Nur Cahyo

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :