depok.go.id-SMP Negeri (SMPN) 04 Kota Depok siap menyambut pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2019, pada 22 April mendatang. Selain mengontrol kesiapan sarana dan prasarana, pihak sekolah juga melakukan pembinaan dari segi pembelajaran dan spiritual siswa.

“Sebetulnya kan, Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) kemarin itu, dapat dikatakan simulasi UNBK juga. Tahun ini UNBK diikuti oleh 406 pelajar kelas IX. Dikarenakan alasan cuaca, kami akan melaksanakan UNBK dalam dua sesi, yakni sampai siang hari,” ujar Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kurikulum SMPN 04 Kota Depok, Dudih Rohaedi kepada depok.go.id, baru-baru ini.

Dikatakan Dudih, melalui tim UNBK, yaitu guru, proktor, dan teknisi rutin memeriksa kesiapan sarpras, baik mengecek server maupun client (komputer). Salah satunya, mendata atau mengecek komputer yang bisa diinstal sistem program UNBK.

“Aplikasi program UNBK itu cukup berat, jadi ada komputer yang bisa diinstal ada juga yang tidak. Kita harus cek dulu komputer yang ada, agar saat UNBK nanti komputer sudah terkoneksi dengan server UNBK,” katanya.

Terkait kesiapan siswa, Dudih mengaku, jauh-jauh hari pihaknya sudah melakukan penambahan (pengayaan) materi inti pelajaran yang diujikan di UNBK. Melalui bank soal yang dimiliki sekolah, ratusan pelajar mengikuti program try out (TO) dan pembinaan secara intensif sebanyak empat kali. Pertama tes diagnostik untuk mengukur sejauh mana kemampuan awal pelajar, dua kali TO dari pihak sekolah, dan TO yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok.

“Kita juga bekali kesiapan anak-anak dari sisi mental/spiritual. Pasalnya, dari awal April ini, jadwal ujian untuk jenjang SMP memang cukup padat. Karena itu, kita adakan motivasi di bulan Maret, agar mereka tidak stres,” ucapnya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :