depok.go.id- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok memberikan suntikan vaksin meningitis kepada calon jamaah haji (calhaj). Untuk itu para calhaj dapat mendatangi sejumlah Puskesmas di 10 lokasi yang ada di Kota Depok.

Penduduk di Kota Depok dapat suntik vaksin meningitis di Puskesmas agar terhindar dari penyakit infeksi yang menyerang selaput membran otak saat menunaikan ibadah haji,” kata Sekretaris Dinkes Kota Depok Ernawati kepada depok.go.id, belum lama ini.

Dikatakan Erna, sapaan akrabnya, calhaj Depok dapat melakukan suntik vaksin meningitis sejumlah lokasi antara lain Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sukmajaya, UPT Puskesmas Cilodong, UPT Puskesmas Tapos.

Kemudian ada juga di UPT Puskesmas Cimanggis, UPT Puskesmas Pancoran Mas, UPT Puskesmas Cipayung, UPT Puskesmas Sawangan, UPT Puskesmas Cinere, UPT Puskesmas Bojongsari, dan UPT Puskesmas Beji.

Dalam pelaksanaannya, calhaj hanya melampirkan surat pengantar dari Kementerian Agama Kota Depok. Sedangkan untuk biaya vaksin, masyarakat sudah tidak dikenakan biaya lagi.

“Untuk vaksin meningitis sudah termasuk dalam biaya haji, jadi calhaj tidak lagi dikenakan biaya tambahan,” tambah Erna.

Ernawati berpesan kepada seluruh calhaj untuk melakukan vaksin sebagai langkah dalam mencegah virus meningitis. Selain itu, pihaknya juga mengingatkan untuk melakukan vaksin empat minggu sebelum keberangkatan haji.

Untuk diketahui, vaksin meningitis di Puskesmas hanya diperuntukkan bagi para calhaj. Sedangkan bagi masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah umroh dapat melakukan vaksin di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang berlokasi di Halim Perdana Kusuma, Bandara Soekarno Hatta, dan Tanjung Priuk.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :