depok.go.id – Untuk menunjang pelayanan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok telah memiliki 5 ambulans. Dari lima ambulans tersebut, 3 ambulans untuk kondisi darurat, dan 2 mobil ambulans lainnya diperuntukkan bagi jenazah.

Kepala Unit Ambulans RSUD Kota Depok, Wisnu Arisunyoto mengatakan, ketiga mobil ambulans untuk kondisi darurat yang dimiliki RSUD Depok sudah memenuhi standar internasional. Karena di dalamnya dilengkapi dengan alat keselamatan jantung atau AED (Automated External Defribrillator), mesin ventilator transportabel, monitoring pasien, standar P3K, oksigenisasi, tempat cuci tangan, maupun emergency bag.

“Ambulans kami khususnya yang darurat untuk mengangkut pasien ke RS rujukan, maupun yang ingin melakukan scanning di RS lain. Karena di RSUD Depok belum ada pelayanan scanning,” ujar Wisnu, ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/05/2018).

Ditambahkannya, untuk operasional ambulans, 5 orang sopir yang bertugas juga bertanggung jawab terhadap kondisi mobil yang dikendarainya.

“Semua driver bertanggung jawab terhadap kelaikan mesin, listrik, dan alat kesehatan. Sedangkan obat-obatan untuk emergency saya sendiri yang memeriksa,” katanya.

Dalam setiap menjalankan tugasnya, terlebih yang menjalankan mobil ambulans untuk darurat, akan didampingi oleh satu orang tenaga medis. Baik itu tenaga perawat atau pun dokter yang bertanggung jawab terhadap pasien yang dibawa.

“Setiap pagi dicek mobil yang akan dioperasionalkan, ada SOP dan ceklist yang harus diisi, mulai dari lampu mobil, wiper, ban, atau pun rem harus sudah pasti layak jalan,” tutupnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :