Kader Ramah Keluarga (KRK) se-Kota Depok mendapat pelatihan konsep diri anak dari DPAPMK. (Foto: Asyril/ Diskominfo)

depok.go.id – Peran aktif para Kader Ramah Keluarga (KRK) sangat penting dalam menjalankan program Ketahanan Keluarga demi terwujudnya Kota Layak Anak (KLA) di Depok. Para KRK bertugas melakukan pendampingan kepada masyarakat melalui sinergitas dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Menurut Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Annisa Handari, dalam melakukan pendampingan kepada masyarakat, KRK harus lebih dulu mengamati, melihat, mendeteksi, memperhatikan dan mencatat apa yang terjadi di sekitarnya.

Kemudian, KRK melakukan pemetaan terhadap permasalahan yang ada. Selanjutnya, para kader harus mendengarkan, menerima keluhan, menerima perasaan, maupun menjadi teman bicara.

“Setelah itu, mereka harus mampu menghubungkan dengan pihak-pihak terkait yang dapat membantu menyelesaikan masalah yang ada. Selain juga membantu penanganan dan pemulihan kondisi psikologis,” terang Nessi, sapaan akrabnya, usai membuka pelatihan konsep diri anak di aula lantai 3 Gedung Dibaleka 1, belum lama ini.

Menurutnya, KRK juga merupakan orang yang terlatih untuk membantu dan mendampingi orang lain. Dengan begitu, mereka diharapkan mampu memahami dan mencari solusi atas permasalahan yang sedang mereka hadapi.

“Kami sudah sering memberikan peningkatan kapasitas bagi KRK se-Kota Depok, sehingga nantinya apabila menemukan berbagai kasus di masyarakat mereka sudah bisa menangani. Mininal bisa langsung menghubungkan dengan pihak-pihak yang terkait,” tutupnya.

 

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Retno Yulianti
Diskominfo
Bagikan post melalui :