Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Annisa Handari. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Konsep diri mempunyai peranan penting dalam menentukan perilaku anak untuk cermin memandang dirinya. Orangtua harus membangun konsep diri yang positif untuk anak sejak dini agar proses tumbuh kembang anak menjadi baik.

Menurut Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Annisa Handari, orangtua harus menularkan konsep diri yang positif kepada anaknya. Dengan begitu, saat dewasa, mereka memiliki nilai positif yang terbentuk di dalam dirinya.

“Yang paling penting bagaimana orang terdekat menumbuhkan konsep positif kepada diri anak. Nilai positif ini akan menjadi bekal anak ketika masa remaja, dewasa, bahkan hingga setelah berkeluarga,” terang Nessi kepada depok.go.id, sapaan akrabnya di aula Bappeda, Gedung Dibaleka 1 lantai 3, belum lama ini.

Nessi mencontohkan, seperti konsep diri positif dalam hidup bermasyarakat, bagaimana sebaiknya menjadi pribadi yang mandiri, hingga memperlihatkan sosok orangtua sebagai panutan yang dapat dibanggakan oleh anak. Tak lupa orangtua juga harus memberikan lingkungan yang hangat untuk anak sehingga hal itu yang akan terekam baik kepada anak hingga tumbuh dewasa.

“Kalau sudah begitu, nantinya nilai-nilai positif akan cepat masuk ke anak dan teradopsi dengan baik. Apa yang ditanamkan orangtua akan tumbuh terus hingga anak menjadi dewasa. Semua itu harus dipupuk sejak dini,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :