depok.go.id-Antisipasi menjaga stok darah telah dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok sejak jauh-jauh hari. Bahkan, pelayanan donor darah pun tetap buka selama bulan Ramadan, agar stok darah tetap aman hingga setelah Lebaran.

“Dari Januari hingga April, kami sudah kebut untuk ketersediaan darah di bulan Ramadan. Alhamdulillah, untuk bulan Mei dan akhir Juni stok darah aman,” ujar Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok, Widya Astriyani saat ditemui di Markas PMI Kota Depok, Rabu (15/05/2019).

Widya menyebutkan, jumlah kantong darah yang tersedia sampai hari ini sebanyak 1.648 kantong, yang terdiri dari semua jenis golongan darah. Pada bulan Ramadan, pihaknya juga tetap melakukan upaya jemput bola melalui kegiatan donor darah di masjid, perkantoran maupun sekolah, hingga jam 24.00 WIB.

“Walaupun aman, bulan Ramadan kami tetap roadshow ke berbagai lokasi yang sudah terjadwal,” jelasnya.

Diakuinya, jumlah darah saat ini masih mencukupi, namun dirinya terus berharap sumbangsih masyarakat agar bisa mendonorkan darahnya. Mengingat kegiatan donor darah di masyarakat, masih minim.

“Mudah-mudahan, usai Lebaran stok darah masih tetap aman,” ucapnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :