depok.go.id-Untuk memberikan pelayanan permintaan darah, Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok tetap buka di bulan Ramadan. Warga juga diimbau untuk mendonorkan darahnya di bulan Ramadan, agar berkurangnya stok darah bisa diantisipasi.

“UDD tetap buka, sama seperti hari biasa. Waktu operasionalnya yaitu jam 08.00 sampai 21.00 WIB. Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya, bisa datang ke Markas PMI Kota Depok, di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City,” ujar Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok, Widya Astriyani, Rabu (15/05/2019).

Dikatakannya, selama Ramadan, masyarakat bisa melakukan donor darah. Namun, terdapat waktu tertentu yang dianjurkan agar para pendonor tetap sehat dan bugar, meskipun sedang melaksanakan ibadah puasa.

“Idealnya kalau ingin mendonorkan darah selama bulan Ramadan, bisa pagi atau sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Hal tersebut, agar pendonor tidak lemas dan tetap sehat,” kata Widya.

Dirinya berharap, masyarakat bisa meningkatkan kesadaran untuk membantu sesama dengan mendonorkan darahnya ke PMI Kota Depok. Terlebih, saat bulan Ramadan karena Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa yang menyebutkan donor darah tidak membatalkan puasa.

“Bentuk sedekah bukan hanya materi, tetapi bisa juga dengan meningkatkan kepedulian sesama, contohnya sumbang darah. MUI juga sudah buat fatwa bahwa donor tidak membatalkan puasa, seharusnya itu yang menjadi landasan untuk donor di bulan puasa,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :