depok.go.id – Menjadi orangtua yang memiliki tanggung jawab mengasuh anak merupakan pekerjaan yang menyenangkan, penuh tantangan dan disertai emosi di dalamnya. Terlebih lagi jika dikaruniai dengan anak yang berkebutuhan khusus. Sebab, harus bisa mengendalikan emosi dan memiliki ketegaran, kesabaran dan keikhlasan dalam mengasuh anak berkebutuhan khusus.

“Orangtua dengan anak spesial hendaknya memiliki ketegaran, kesabaran, dan keikhlasan yang tak terbatas. Orangtua harus menanamkan ke dalam diri sendirinya bahwa pemberian istimewa ini merupakan bentuk ciptaan Allah yang sudah disiapkan untuk para orangtua terpilih,” tutur Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok, Elly Farida usai mengisi Seminar Parenting With Heart di aula Perpustakaan Umum Kota Depok, Senin (15/07/2019).

Di tempat yang sama, Pembina Forum Komunikasi Orang Tua Anak Spesial (Forkasi) Kota Depok, Putri Zainur Hayati mengatakan, langkah yang harus dilakukan orangtua dengan anak berkebutuhan khusus, bisa dimulai dari mencari ilmu parenting (pengasuhan anak). Dengan demikian, orangtua bisa memberikan hal terbaik dalam membesarkan dan mendidik anak mereka.

“Jadi ilmu parenting harus dimiliki oleh orangtua dengan anak berkebutuhan khusus. Karena, mereka akan mengalami sejumlah kondisi tumbuh kembang anak yang menguras emosi mereka,” pungkasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :