Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono (depan tengah) saat menghadiri kegiatan Pelatihan Pengelolaan Arsip yang digagas Diskarpus Depok di Kecamatan Sukmajaya, belum lama ini

depok.go.id – Guna terwujudnya pengelolaan arsip yang profesional, tertib dan rapih Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) memberikan pelatihan pengelolaan arsip. Rencananya pelatihan ini akan dilaksanakan di 11 kecamatan se-Kota Depok.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono mengatakan, pelatihan pengelolaan arsip yang digagas Diskarpus dinilai baik karena dapat meningkatkan kemampuan dalam mengelola arsip. Menurutnya, untuk kegiatan pertama diadakan pada 11 Juli kemarin, yang diikuti para kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kecamatan Sukmajaya.

“Pada 11 Juli kemarin, pelatihan diberikan ke kader PKK karena mereka menjadi ujung tombak dan mitra Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan. Untuk itu, kader PKK harus bisa lebih tertib administrasi dan arsip,” kata Hardiono kepada depok.go.id, Senin (15/07/2019).

Lebih lanjut, ucapnya, untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman mengenai pengelolaan arsip sesuai dengan aturan yang berlaku, maka pelatihan pengelolaan arsip ini sangat penting. Dengan begitu, akan terciptanya keseragaman tata arsip yang dinamis dan meningkatkan tertib administrasi dalam menunjang tugas kerja.

Terakhir, Hardiono ingin semua unsur di tingkat kelurahan, kecamatan dan kota agar mengelola arsip dengan serius. Agar ke depannya digitalisasi arsip dapat digunakan semua pihak di Depok. Digitalisasi arsip ini menjadi upaya pemerintah untuk mempercepat pelayanan publik.

“Saya minta agar peserta pelatihan pengelolaan arsip dari Diskarpus benar-benar mengikuti pelatihan, sehingga bakal diterapkan dalam pekerjaan atau keseharian mereka,” tutupnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :