pelepasan jch

Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna (kanan) dan Kepala Kementerian Agama Kota Depok, A. Cholik Mawardi (kiri) saat melepas jemaah calon haji di Masjid Balaikota Depok, Senin (15/8/2016)

depok.go.id – Walaupun cuaca di Tanah Suci mencapai 45˚C, namun Kepala Kementerian Agama Kota Depok, A. Cholik Mawardi menegaskan, sebanyak 443 calon jemaah haji siap untuk diberangkatkan ke tanah suci. Para jemaah diminta untuk tidak khawatir mengenai cuaca ekstrim tersebut.

“Kementerian kesehatan sudah mempersiapkan segalanya untuk jemaah haji selama di Mekah, jadi tidak usah khawatir” ujar Cholik saat dimintai keterangan di Balaikota, Senin (15/8/2016).

Ia menambahkan, untuk calon jemaah haji yang belum melakukan vaksinasi, dengan berat hati tidak dapat diberangkatkan pada esok hari (16/8/2016) pukul 07.30. Hal itu dilakukan karena saat ini pengawasan terhadap calon jemaah haji lebih diperketat, terutama dengan masalah kesehatan dan cuaca ekstrem yang mampu membuat daya tahan tubuh menurun.

“Namun, Alhamdulillah semua jemaah dari Kota Depok yang akan berangkat sudah melakukan vaksinasi sebelumnya, terutama melakukan vaksin meningitis,” jelas laki-laki kelahiran Bogor tersebut.

Kesiapan juga terlihat dari perlengkapan barang bawaan yang sudah masuk ke embarkasi, seluruh jemaah pun sudah memiliki kelengkapan paspor dan visa.

“Setelah pelepasan, seluruh calon haji ini akan dibawa ke embarkasi untuk dilakukan tes kesehatan yang terakhir, di asrama,” tambahnya.

Lebih lanjut, alumni Universitas Ibnu Khaldun Bogor tersebut menegaskan kembali, untuk calon jemaah yang memiliki usia termuda sekitar 37 tahun dan tertua sekitar 78 tahun. Hal ini terbukti bahwa usia bukanlah halangan yang mampu membatasi kegiatan beribadah.

“Meskipun usia senja, saya pun salut untuk para orang tua yang masih kuat dan terus semangat beribadah,” ungkapnya dengan takjub.

Terakhir, dirinya berpesan kepada seluruh jemaah untuk selalu bersama dan berdampingan ketika sedang tawaf ataupun kegiatan lainnya. (Meida/ Vidyanita/ Ed: Siti Rahma, Yulia S – Diskominfo)

Bagikan post melalui :