depok.go.id – Salah satu bentuk dukungan terhadap penyandang disabilitas, Dinas Tenaga Kerja dan Soaial (Disnakersos) Kota Depok akan memberikan pelatihan kepada para penyandang disabilitas. Dalam melaksanakan pelatihan ini, Disnakersos akan bekerjasama dengan Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Bina Daksa Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Kepala Bidang Sosial Disnakersos Kota Depok, Ani Rahmawati mengatakan bahwa nantinya akan ada 35 warga Depok penyandang disabilitas yang akan mendapat pelatihan selama 20 hari. Pelatihan ini sendiri terbagi menjadi dua bidang, yaitu bidang perbengkelan dan bidang menjahit.

“Intinya kami berusaha agar mereka dapat bersaing dengan warga normal lainnya dalam bekerja, syukur-syukur kalau mereka dapat membuka usaha sendiri,” jelas Ani.

Ani mengatakan bahwa syarat yang harus dipenuhi adalah mereka haruslah penyandang disabilitas yang mampu dilatih dan sedang berada dalam usia potensial, yakni maksimal 40 tahun. Ani meyakini bahwa di balik kekurangan para penyandang disabilitas ini, mereka pasti memiliki kelebihan yang dapat digali.

“Saat ini kami sedang melakukan verifikasi peserta, Insya Allah kegiatan ini akan dilaksanakan pada Oktober nanti,” jelasnya.

Ini merupakan kegiatan perdana dari Disnakersos dalam bidang pemberdayaan penyandang disabilitas tubuh. Sebelumnya pihak Pemkot hanya rutin memberikan alat bantu, seperti tongkat dan kursi roda kepada mereka.

“Sebelumnya kami rutin memberikan alat bantu, namun dengan adanya program pelatihan ini kami opitimis mereka akan menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang lain karena sudah memiliki keterampilan untuk bekerja,” tutup Ani. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :