nur mahmudidepok.go.id – Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il menyampaikan gagasannya terkait program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam perspektif pembangunan di hadapan 39 kepala daerah se-Indonesia. Penyampaian gagasan tersebut dilakukan di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Gambir, Jakarta Pusat, Senin (14/09/2015).

Dalam paparannya, Nur Mahmudi mengatakan bahwa pertumbuhan penduduk dinilai sangat tinggi. Hal ini yang menurutnya menimbulkan ketidakseimbangan antara peningkatan kesejahteraan dengan fasilitas yang dimiliki. Dia juga mengungkapkan, butuh suatu strategi jitu dari para kepala daerah, baik dalam segi kebirokrasian maupun strategi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

“Kota Depok berupaya agar masyarakat baik yang bergerak sebagai pelaku industri, di dunia pendidikan, ataupun dari sektor perdagangan untuk senantiasa meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM-nya,” urai Nur Mahmudi.

Pada kesempatan yang hangat tersebut, orang nomor satu di kota yang terkenal dengan Jalan Margonda-nya ini juga mengungkapkan berbagai pengalaman yang telah dilakukan. Program pertama yang telah berjalan ialah program pendidikan yang dikenal dengan ‘Education For All’. Melalui program ini, semua lapisan masyarakat mendapat kesempatan yang lebar dalam mengenyam pendidikan, baik yang umum hingga sekolah kejuruan.

Program kedua, pria yang pernah menetap di Texas (USA) tersebut menyebutkan bahwa dari sisi kebirokrasian, Depok sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas aparatur di lingkungan Pemkot Depok. Nur Mahmudi juga mengatakan bahwa saat ini Kota Depok termasuk kota yang dengan rasio minim PNS, di mana 1 orang PNS untuk melayani 270 warga.

“Meskipun rasio PNS kami sangat minim, tetapi ini bukan sebuah halangan. Pada kenyataannya Kota Depok memberikan bukti dengan sederet prestasi baik tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Ini menunjukkan kualitas ASN Kota Depok sudah bagus,” tuturnya. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :