Ratusan warga Depok melakukan jalan sehat lintas generasi di UI Depok, sebagai bentuk kampanye waspada terhadap penyakit demensia. (Foto : Istimewa)

depok.go.id – Komunitas Alzheimer’s Indonesia (ALZI) Wilayah Depok mengkampanyekan pencegahan demensia melalui jalan sehat lintas generasi yang diikuti 280 warga Depok khususnya lansia. Kegiatan tersebut serentak digelar di 23 tempat se-Indonesia guna memperingati Bulan Alzheimer Sedunia pada September ini.

Ketua Alzi Wilayah Depok, Dunanty RK Sianipar mengatakan, kegiatan tahunan tersebut untuk meningkatkan kesadaran lansia terhadap penyakit demensia. Penyakit itu perlu diwaspadai karena dalam penelitian setiap tiga detik sekali, seseorang di dunia terkena demensia.

“Jalan sehat lintas generasi diikuti para keluarga, mulai dari lansia, dewasa, dan anak-anak. Kita berjalan sejauh dua kilometer (km) di sekitar Universitas Indonesia (UI) sebagai bentuk kampanye sekaligus perlawanan terhadap demensia,” katanya di Halaman CAS Universitas Indonesia (UI) Depok, Minggu (15/09/2019).

Dikatakannya, tak hanya jalan sehat, sejumlah kegiatan positif pun digelar. Seperti edukasi kesehatan yang disampaikan langsung oleh dokter spesialis dari RS Mitra Keluarga dan RS UI dengan berbagai kematerian terkait demensia.

Lebih lanjut, ucap Dunanty, pihaknya juga mengadakan skrining demensia kepada 100 peserta. Skrining ini penting untuk mendeteksi gejala penyakit demensia.

Ketika pemahaman sudah sampai ke masyarakat, harapannya bisa lebih waspada terhadap demensia, masyarakat bisa hidup lebih sehat. Lebih penting lagi, kita sama-sama mengkampanyekan agar tidak menyepelekan demensia, ” tutupnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :