depok.go.id-Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok terus berupaya menyelasaikan pembangunan 11 Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di tahun 2019. Hingga saat ini pembangunan belasan IPAL tersebut sudah mencapai 75 persen.

“Rata-rata progresnya sudah mencapai 75 persen,” tutur Kepala Bidang Permukiman, Disrumkim Kota Depok, Sukanda kepada depok.go.id, Jumat (15/11/2019).

Sukanda menjelaskan, pembangunan IPAL tahun ini berasal dari empat jenis pembiayaan. Di antaranya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok sebanyak 2 unit, bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) 4 unit,  dan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat 2 unit, serta Pemprov DKI Jakarta 3 unit.

“IPAL yang akan dibangun tersebar di beberapa kelurahan yaitu  Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Pengasinan, Bojong Pondok Terong, Cilodong, Leuwinanggung, Cipayung Jaya, Depok, Pondok Cina, dan Cisalak,” ujarnya.

Dirinya menambahkan,  setiap unit IPAL yang dibangun memiliki kapasitas 14,5 meter kubik. Dengan kapasitas tersebut mampu menampung limbah dari 30-35 kepala keluarga (KK).

“Kita targetkan pembangunannya rampung akhir Desember nanti,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :