PRESS RELEASE
HUMAS DAN PROTOKOL KOTA DEPOK, 15 Desember  2010

Berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 24 Tahun 2008, yang menetapkan bahwa tanggal 28 November menjadi Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan bulan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional (BMN) maka hari ini (15/12) bertempat di unit kearsipan Kementerian Kehutanan Jl. Raya Bogor Km. 37,2 Desa Jatijajar Kecamatan Tapos digelar Peringatan Bulan Menanam Nasional Tahun 2010 yang dirangkai dengan Peresmian Persemaian Permanen Cimanggis. Peresmian yang ditandai dengan dibunyikannya alarm oleh Wakil Presiden RI Boediono dihadiri oleh Menteri Kehutanan, Menteri Lingkungan Hidup, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Walikota Depok, Anggota DPR, Ketua 7 Organisasi Perempuan, TNI dan Polri, Lembaga Swadaya, Organisasi Masyarakat dan Organisasi Pemuda Peduli Lingkungan, serta OPD Pemerintah Kota Depok.

Dalam laporannya, Menteri Kehutanan mengatakan HMPI tahun ini yang mengusung tema “Penanaman Satu  Milyar Pohon” bertujuan untuk mendukung kebijakan Presiden dan memberikan kontribusi yang berkelanjutan terhadap penghijauan nusantara yang dapat menurunkan gas emisi rumah kaca, mencegah banjir, mencegah tanah longsor, kekeringan, dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. “Alhamdulillah saat ini kami telah menanam lebih dari satu milyar pohon yang telah melampaui target kami. Kami berharap di Januari 2011 akan mencapai dua milyar karena bibitnya masih tersedia. Penanaman yang dilakukan kali ini kami rangkai dengan diresmikannya unit persemaian permanen yang merupakan percontohan dari 23 unit persemaian yang akan bangun dibeberapa daerah” ungkap Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.

Wakil Presiden RI Boediono mengaku sangat bahagia dan gembira karena penanaman pohon sudah melebihi target yang berarti masyarakat sudah menyadari betapa pentingnya manfaat dari penanaman pohon. “Kita harus menyadari bahwa kita adalah generasi yang ditakdirkan untuk menanam pohon. Janganlah menuntut manfaat dari yang kita tanam karena yang akan memetik dan merasakan manfaat dari yang kita tanam adalah generasi anak cucu kita. Saya juga sangat menyambut baik dengan diresmikannya unit persemaian Cimanggis ini, semoga unit persemaian ini bisa menjadi contoh bagi 23 unit lainnya yang akan dibangun karena lebih baik menanam bibit yang unggul diawal daripada menebangnya ditengah jalan” tutur Wakil Presiden.

Senada dengan orang kedua di Indonesia, H. Nur Mahmudi Isma’il pun menyetujui bahwa generasi kita saat ini adalah generasi yang tertakdirkan untuk menanam pohon bukan untuk menikmati. “Mengapa kita merupakan generasi yang tertakdirkan? Karena kita adalah generasi yang menerima dampak dari kerusakan yang cukup hebat akaibat 5-10 tahun lalu dan kini saatnya kita membenahi dengan menanam pohon yang bisa mengembalikan keseimbangan ekosistem lingkungan” ujar Walikota. Walikota berharap unit persemaian Cimanggis yang baru diresmikan bisa menjadi hutan pendidikan bagi warga Depok dan sekitarnya.

KEPALA BAGIAN
HUMAS DAN PROTOKOL
SETDA KOTA DEPOK

HANI HAMIDAH, S.Sos. M.Si
PEMBINA
NIP. 19630627 198409 2 001

Bagikan post melalui :