Ini Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat di Kota Depok_2depok.go.id – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok melakukan survei penilaian terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk tiap jenis pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Setidaknya terdapat 21 jenis pelayanan dengan 13 palayanan dasar dan 8 pelayanan perizinan menjadi objek survei IKM.

Pada hasil survei yang dilakukan selama 3 bulan ini menyatakan terdapat 12 unit pelayanan yang mengalami kenaikan nilai IKM dan 9 unit pelayanan mengalami penurunan nilai IKM. Selain itu, setidaknya terdapat 14 unit pelayanan yang mengalami kenaikan nilai indeks harapan dan 7 unit layanan yang mengalami penurunan nilai indeks harapan.

“Survei ini didasarkan pada kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Pemkot Depok,” jelas Asisten Ekonomi Pembangunan Sosial (Ekbangsos) Kota Depok, Eka Bachtiar, di aula lantai 5 Gedung Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Depok, Selasa (15/12/2015).

Sementara itu, Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il, mengungkapkan kondisi tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Kota Depok makronya di atas angka 80 persen. Kondisi di atas 80 persen itu berarti masyarakat merasakan kualitas pelayanan yang diberikan.

“Komparasi kenaikan IKM dari tahun 2014 ke tahun 2015 terdapat kenaikan dari 80.18 persen menjadi 80.66 persen,” kata Nur Mahmudi.

Nur Mahmudi melanjutkan, dari 21 jenis layanan yang ada, tentunya ada fluktuasi angka dari IKM. Untuk itu, dirinya berjanji bersama segenap aparatur Pemkot Depok untuk senantiasa memperbaiki yang sudah ada dan mempertahankan yang sudah memiliki nilai tinggi.

“Hasil IKM ini tentunya bisa dijadikan sebagai evaluasi untuk terus memperbaiki pelayanan Pemkot Depok di tahun 2016 mendatang,” pungkas Nur Mahmudi. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :