depok.go.id – Hepatitis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus. Seseorang yang daya tahan tubuhnya menurun akan mudah sekali tertular penyakit yang menyerang saluran pencernaan tersebut. Namun semua itu dapat dihindari dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinas Kesehatan Kota Depok, Zakiah, mengungkapkan bahwa penyakit ini akan terus tertular jika seseorang tidak membiasakan hidup sehat. Virus akan mudah sekali masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang semula dibuat oleh si penderita hepatitis.

“Penyakit ini menular melalui vekal oral. Ketika penderita usai melakukan buang air besar dan tidak bersih dalam mencuci tangan kemudian memegang makanan, maka virus mudah sekali menyebar dalam tubuh orang lain yang mengonsumsi makanan tersebut,” tuturnya saat ditemui di Kantor Dinkes Kota Depok, Zakiah, Selasa (15/12/2015).

Dalam mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan memutus mata rantainya yaitu dengan mulai merapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Selain itu juga harus membiasakan cuci tangan yang bersih dan benar.

Adapun usaha yang dilakukan dalam menerapkan PHBS yaitu mengonsumsi buah dan sayuran setiap harinya, melakukan olahraga fisik, serta menjaga kebersihan lingkungan. Sementara dalam membiasakan mencuci tangan yaitu dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir.

“Dengan hidup bersih, kita akan terhindar dari berbagai penyakit, tidak hanya hepatitis saja,” tutup Zakiah. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :