depok.go.id – Penyakit dapat mudah sekali berkembang, terlebih pada musim hujan. Maka dari itu, kita harus memperhatikan berberapa faktor yang menjadi pemicu meningkatnya berbagai penyakit di lingkungan sekitar.

Pada dasarnya, penyakit dapat dihindari dengan menerapkan pola hidup bersih, namun kebanyakan orang menganggap remeh beberapa aspek yang dapat membawa dampak negatif akan kesehatan diri tersebut.

“Kita harus memperhatikan beberapa faktor agar terhindar dari berbagai penyakit, tentunya dimulai dari diri sendiri,” tutur Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Zakiah, saat ditemui di Kantor Dinkes Kota Depok, Selasa (15/12/2015).

Lebih dalam, Zakiah menambahkan bahwa ada beberapa faktor utama yang menyebabkan penyakit dapat mudah berkembang. Adapun faktor tersebut antara lain genetik, pelayanan kesehatan, perilaku masyarakat, dan lingkungan tempat tinggal.

Faktor genetik memang tidak dapat dikendalikan, tetapi untuk faktor yang lain bisa diantisipasi dengan berbagai tindakan. Untuk pelayanan kesehatan, perilaku masyarakat dan lingkungan dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) setiap hari.

Terakhir, Zakiah berpesan kepada seluruh masyarakat di Kota Depok untuk dapat memperhatikan beberapa faktor tersebut. Semua itu dilakukan agar kesehatannya dapat terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

“Mari benahi diri dan mulai terapkan hidup bersih agar terbebas dari masalah kesehatan tubuh,” tutupnya. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :