Adiwiyata Nasional, Bukti Keseriusan Pemkot Depok Menciptakan Pendidikan Berbasis Lingkungan

Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional oleh Walikota Depok kepada 15 sekolah dengan predikat Adiwiyata Nasional. (15/11/2015)

depok.go.id – Setelah tahun 2014 lalu, Depok hanya meluluskan 6 sekolah sebagai peraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional, untuk tahun 2015 ini Depok berjaya dengan menyabet hingga 15 sekolah dengan predikat Adiwiyata Nasional.

Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il, membrikan apresiasi tinggi terhadap pencapaian yang diraih ke 15 sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) negeri dan swasta yang tersebar di Kota Depok. Nur Mahmudi mengatakan bahwa capaian ini sebagai bukti adanya keseriusan Pemkot Depok melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) dalam menciptakan pendidikan berbasis lingkungan.

“Raihan Adiwiyata Nasional menjadi suatu kebanggan bagi kita semua. Ini merupakan wujud keseriusan Pemkot Depok dalam membina sekolah yang berbasis lingkungan,” kata Nur Mahmudi, saat apel pagi tadi, Selasa (15/12/2015).

Alumni IPB itu menambahkan sebelumnya BLH sudah memberikan pembinaan kepada sekitar 100 sekolah untuk untuk dibina mengenai pengetahuannya seputar sekolah yang berbudaya lingkungan, mulai dari kebersihan, penghijauan, pengolahan sampah, daur ulang, dan PHBS. Selanjutnya dari 100 sekolah yang dibina tersaring menjadi 30 sekolah yang memenuhi kualifikasi, kemudian diajukan untuk dilakukan penilaian oleh Provinsi Jawa Barat. Dari ke 30 sekolah, 17 sekolah lolos yang dimajukan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

“Dari 17 sekolah yang dimajukan ke Kementerian LHK, alhamdulillah 15 sekolah berhasil menyabet predikat Adiwiyata Nasional,” imbuh Nur Mahmudi.

Nur Mahmudi berharap ke depannya sekolah yang sudah mendapat Adiwiyata Nasional tahun ini bisa terus menularkan semangat perilaku yang berbasis lingkungan kepada sekolah-sekolah di sekitarnya, sehingga penghargaan Adiwiyata Mandiri bisa diraih pula. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :