Kepala DKUM Depok, Mohammad Fitriawan. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Program pelatihan bagi para pelaku usaha masih menjadi andalan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok di tahun 2019. Melalui program Wirausaha Baru (WUB), DKUM menargetkan dapat mencetak 275 usahawan setiap tahunnya.

“275 orang ini terbagi 11 kecamatan. Setiap kecamatannya, mengirimkan maksimal 25 pelaku usaha baru, dengan kategori lama usaha 6 bulan sampai 3 tahun,” ujar Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan, di ruang kerjanya, Rabu (16/01/2019).

Fitriawan mengatakan, pelatihan WUB dilakukan selama tiga hari dengan berbagai materi cara merintis usaha. Mulai dari pemberian motivasi, tips memulai usaha, termasuk memanfaatkan teknologi digital dalam memaksimalkan perkembangan usahanya.

“Hari ketiga ada semacam studi banding ke pelaku usaha yang sukses, sebagai gambaran perjalanan usaha bagi para peserta,” katanya.

Kemudian, sambung Fitriawan, sebagian dari peserta WUB tersebut akan diarahkan pada pelatihan tahap lanjutan tergantung jenis usahanya masing-masing. Bagi yang memiliki usaha di sektor kuliner, pihaknya memfasilitasi Pelatihan Keamanan Pangan (PKP) sebagai upaya memenuhi aspek legalitas untuk mendapatkan Sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

“Dari sisi kemasan, kita adakan pelatihan desain grafis agar kemasan produknya higienis dan menarik masyarakat agar mau melihat dan membeli. Bahkan, kita datangkan desainer grafis yang mau mendesainkan logo untuk peserta,” ucapnya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :