UKPBJ Setda Kota Depok saat mengadakan sosialisasi aplikasi SIMANDA kepada PPK di gedung LPSE Kota Depok, Rabu (16/01/19). (Foto: Jose/Diskominfo).

depok.go.id-Sebanyak 20 Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari berbagai Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengikuti sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Barang/Jasa (SIMANDA). Sosialisasi tersebut, akan dilakukan selama dua hari mulai 16-17 Januari 2019.

“Sosialisasi ini untuk memperkenalkan aplikasi kepada para PPK, karena kita sudah melakukan pengembangan aplikasi. Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk menginput data pengadaan barang dan jasa, tetapi juga digunakan untuk melakukan pelaporan terkait barang dan jasa yang sudah dilelang,” tutur Kepala Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Setda Kota Depok, Dadan Rustandi kepada depok.go.id, usai kegiatan sosialisasi di Gedung LPSE Kota Depok, Rabu (16/01/19).

Menurutnya, aplikasi SIMANDA berfungsi untuk mengelola data pengadaan barang dan jasa yang diajukan oleh PPK sebelum masuk ke Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Seluruh data yang masuk akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan data yang telah diinput benar dan akurat.

“Jadi, kalau datanya sudah benar baru dimasukkan ke LPSE untuk kemudian diadakan tender untuk pelelangan,” ujarnya.

Melalui sosialisasi tersebut, dirinya berharap dapat mempercepat penginputan data pengadaan barang dan jasa sehingga proses pelelangan dapat dilakukan lebih cepat. “Melalui aplikasi tersebut, diharapkan pengadaan barang dan jasa semakin transparan dan akuntabel,” ucapnya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Dunih

Bagikan post melalui :