depok.go.id-Lurah Pancoran Mas (Panmas), Suganda memiliki inovasi dalam pengelolaan saluran air. Inovasi yang dimaksud ialah membuat saluran air yang dipenuhi dengan ikan hias.

“Kami mencoba mengubah pola pikir warga untuk mengisi saluran air dengan ikan hias. Harapannya agar lebih indah dipandang mata,” tutur Suganda usai pelaksanaan Musrenbang Kelurahan Pancoran Mas di Gedung Theater Sekolah Cakra Buana, Pancoran Mas (Panmas), belum lama ini.

Dikatakan Suganda, pihaknya akan membuat saluran percontohan, terlebih dahulu yang letaknya di RW 09. Saluran tersebut direncanakan memiliki lebar dua meter dan panjang hampir 500 meter.

“Di hulunya akan dibuat penyaring sampah, agar tidak terbawa hingga ke saluran yang akan dipenuhi ikan,” ujarnya.

Suganda menambahkan, pihaknya juga sudah menyiapkan kendaraan pengangkut sampah ke tempat penampungan. Sebagai langkah pencegahan agar sampah tidak menumpuk dan menyebabkan masalah baru.

“Dana pembangunan masih kami upayakan, bisa dari Anggaran Biaya Tamban (ABT) atau dari sumber dana lainnya. Misalnya dari swadaya masyarakat atau dana Corporate Social Resposibility (CSR) perusahaan,” pungkasnya. (JD 09/ED 02/EUD 01)

Bagikan post melalui :