disduk opdGuna mewujudkan Depok Tertib Administrasi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok menggelar Forum OPD di Gedung Sekarpeni Pancoran Mas, Kota Depok, Senin (16/02/2015).
Acara yang mengusung tema “Melalui Forum OPD Kita Wujudkan Depok Kota yang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Berbasis Teknologi Informasi Tahun 2016” tersebut dihadiri oleh Kepala Disdukcapil Kota Depok Misbahul Munir, DPRD Kota Depok Qurtifa Wijaya, Bappeda Kota Depok Saefudin, perwakilan OPD, serta perwakilan dari kecamatan dan kelurahan di Kota Depok. Selain itu menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Syabnikmat Nizam.
Dalam paparannya, Kepala Disdukcapil Kota Depok Misbahul Munir mengatakan bahwa pihaknya akan terus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat demi tercapainya RPJMD 2016. Hal tersebut dilakukan sebagai wujud dalam menyukseskan salah satu program andalan Kota Depok yaitu Depok yang tertib dan unggul. Dalam hal ini tertib mengenai urusan administrasi sipil.
“Pelaksanaan administrasi kependudukan merupakan urusan pemerintah yang harus disukseskan, dengan ini perlu adanya kerjasama antar masyarakat dengan pemerintah,” jelas Mantan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Seni dan Budaya (Disporaparsenbud) Kota Depok.
Forum ini merupakan kegiatan terakhir pada RPJMD 2011-2016, sehingga diharapkan seluruh targetnya dapat tuntas. Pada pelaksanaannya, Munir mengataan bahwa nantinya, penggunaan E-KTP akan 100 persen berjalan dengan maksimal. Mengingat saat ini seluruhnya sudah menggunakan KTP elektronik tersebut. Untuk kartu keluarga (KK) hingga 99 persen.
Selain itu, akte kelahiran dapat berjalan hingga 80 persen. Seluruh masyarakat baik diatas 60 hari kelahiran, meski belum memiliki akte masih dapat membuatnya dengan mudah. Untuk surat kematian diharapkan mencapai 20 persen. Dengan begitu, seluruh masyarakat sejak lahir hingga meninggal terus melakukan pendataan agar dapat tercatat di Disdukcapil Kota Depok.
“Semua ini harus selesai hingga 2016. Insya Allah kami akan berkerja secara maksimal menuntaskannya. Sehingga visi Disdukcapil yaitu Depok Tertib Administrasi dapat terwujud,” tutup Mantan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Kota Depok.
Penulis    : Indri Purnama
Editor     : Manapar Manullang
Bagikan post melalui :