kunker kab bandung

Kabid Pengelolaan Informasi Publik Diskominfotik Kabupaten Bandung Irma Novita (ketiga dari kiri) foto bersama dengan Sekdis Diskominfo Kota Depok Adhy Parayudha (tengah) dan staff lainnya usai melakukan kunker di Diskominfo Kota Depok, Kamis (16/02/17)

depok.go.id –  Keberhasilan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok menjadi juara umum dalam Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Jawa Barat, membuat daerah lain tertarik untuk belajar. Salah satunya adalah, Diskominfo dan Statistik Kabupaten Bandung yang sengaja datang ke Depok untuk belajar konsep penyebaran informasi kinerja Pemkot Depok lewat portal www.depok.go.id.

“Diskominfo dan statistik Kabupaten Bandung, baru ada tahun ini (2017). Ini merupakan pecahan dari Bapapsi yaitu Badan Perpustakaan Arsip dan Pengembangan Sistem Informasi. Nah, di Bapapsi dibagi dua lagi yaitu, Dinas Kearsipan dan Diskominfo statistik ini. Yang mengisi jabatan di Diskominfo adalah orang baru, jadi kami semua belajar dari nol lagi melalui Diskominfo Kota Depok ini,” ujar Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik Diskominfotik Kabupaten Bandung, Irma Novita usai melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Diskominfo Kota Depok, Kamis (16/02/17).

Dia juga mengaku, tertarik dengan keberadaan jurnalis yang mengisi berita pada portal depok.go.id. Menurutnya, ini menjadi sebuah masukan agar ke depan Diskominfotik Kabupaten Bandung bisa menerapkan hal tersebut.

“Jurnalis ini sangat menarik, ke depan nantinya mungkin akan ada juga jurnalis, call center serta NTPD. Namun, kami harus mempersiapkan dulu SDM-nya, anggaran dan hal-hal yang berkaitan dengan pengadaan jurnalis. Paling tidak, kami punya masukan seperti apa seharusnya mengelola jurnalis, PPID serta call center, karena itu semua belum ada di kami. PPID sudah jalan, tapi tidak ada publik information room dan ini menarik,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Diskominfo Kota Depok, Adhy Parayudha menjelaskan, keberadaan jurnalis merupakan nilai plus yang didapat Pemkab Bandung. Begitu pun sejumlah layanan lain milik Diskominfo Depok, jadi bahan bagi Pemkab Bandung untuk melakukan pembenahan ke depan.

“Kami menjelaskan bagaimana pengelolaan informasi di kita. Apa yang kita lakukan dan yang tidak kalah penting terkait kita mendapatan juara umum keterbukaan informasi publik. Pencapaian itu menjadi pertanyaan bagaimana mekanisme yang diterapkan di kita. Baik layanannya maupun sarana dan prasarananya,” pungkas Adhy.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :