fopd damkar

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Yayan Arianto, saat memberikan arahan dan penjelasan dalam forum OPD di Satlakar Depok 2. (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id –Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok akan melengkapi kebutuhan operasional dengan mobil tangga dengan daya jangkau hingga 55 meter lebih. Penambahan mobil tangga dirasa perlu, mengingat pembangunan pemukiman modern yang mengarah pada konsep vertikal.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Yayan Arianto mengatakan, pembangunan Kota Depok saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Bahkan, informasi yang diterima dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok, ke depan akan ada 50 bangunan berlantai tinggi minimal 24 lantai, baik yang sudah ada maupun yang akan baru dibangun.

Menurutnya, dengan akan dibangunnya 50 bangunan berlantai tinggi tersebut, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Depok harus mempersiapkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Di Forum OPD ini kami mengusulkan pengadaan 1 unit mobil tangga yang bisa mencapai tinggi hingga 55 meter, dengan anggaran sebesar Rp 33 Miliar. Tentunya ini untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana kebakaran di gedung tinggi,” jelas Yayan, di Aula Satlakar Depok 2, Kamis (16/02/2017).

Rencana pengadaan mobil tangga ini, kata Yayan, nantinya akan dibelanjakan sesuai dengan harga yang tertera di dalam katalog pengadaan. Jika harga yang tertera dengan yang dianggarkan kurang, maka pembelian tidak dapat dilakukan. Namun kalau dari yang dianggarkan ternyata harganya lebih murah, kelebihannya akan dikembalikan.

“Sedang kita usahakan, Mudah-mudahan bisa segera terwujud dan Depok bisa miliki mobil ini,” tambahnya.

Dikatakan Yayan, saat ini Damkar sudah melakukan berbagai penanggulangan kebakaran secara maksimal dengan beberapa tugas pokok seperti, pencegahan kebakaran, penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan harta benda korban. Dengan Forum OPD ini diharapkan nantinya seluruh kegiatan dapat berjalan lebih efisien.

“Tugas kami saat ini saat ini tidak hanya memadamkan api kalau terjadi kebakaran saja, di samping itu juga dengan SOTK yang baru kami bertugas melakukan upaya penyelamatan. Semoga saja semua rencana kami bisa berjalan secara optimal,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :