katar normalisasi

Warga RT 09 dan 10 RW 03 Kelurahan Depok Kecamatan Pancoran Mas bersama Karang Taruna Kelurahan Depok usai melaksanakan gotong royong normalisasi Kali Cabang Timur di Jalan Anggrek, Minggu (16/04/2017). (Foto : Guntur/Diskominfo)

depok.go.id – Karang Taruna (Katar) Kelurahan Depok bersama warga RT 09 dan 10 RW 03 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas gotong royong membersihkan Kali Cabang Timur yang berada di Jalan Anggrek, Minggu (16/04/2017). Mereka membersihkankan sampah dan lumpur sebagai upaya normalisasi kali tersebut.

Ketua Katar Kelurahan Depok, Jayadi mengatakan, upaya membersihkan sampah dan melakukan pengerukan lumpur di dasar kali tersebut. Agar ke dalaman kali kembali normal, sehingga dapat menampung volume air yang lebih banyak pada saat terjadi hujan.

“Menurut kami, kegiatan kerja bakti ini sangat penting karena bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” ujar Jayadi kepada depok.go.id.

Lebih lanjut, Jayadi berharap dengan normalisasi Kali Cabang Timur, maka dapat menampung volume air lebih banyak. Sehingga, dapat menghindari adanya genangan air pada saat terjadi hujan.

“Kami berharap agar Kelurahan Depok ini menjadi wilayah yang paling terbaik. Tentunya, unggul dalam kebersihan lingkungannya serta tidak terjadi banjir saat datang hujan lebat,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Depok, Adi Gofur menuturkan, pihaknya mendukung diadakannya kegiatan kerja bakti tersebut. Dikatakannya, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian warga terhadap lingkungan tempat tinggalnya.

“Kegiatan kerja bakti ini sifatnya untuk meningkatkan kepedulian warga kepada lingkungannya. Tentunya segala kegiatan yang bersifat positif akan terus kami dukung,” ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya akan membuat sejumlah langkah yang bertujuan untuk mencegah adanya genangan air di Kelurahan Depok. Salah satunya dengan membuat sodetan baru.

“Nantinya, sodetan ini bertujuan untuk mengurangi volume air yg masuk ke kali saat hujan dan langsung mengalirkan air ke arah Sungai Ciliwung,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua RW 03 Kelurahan Depok, Djuhri mengapresiasi diadakannya kegiatan kerja bakti tersebut. Menurutnya, pelaksanaan kegiatan kerja bakti ini merupakan inisiatif dari warga bersama Katar Kelurahan Depok.

“Saya pribadi merasa bahagia karena kesadaran warga terhadap kebersihan lingkungan sangat baik. Salah satunya melalui kegiatan kerja bakti secara bergotong-royong untuk membersihkan kali. Hal ini sangat baik sekali,” tuturnya.

Djuhri berharap, kegiatan kerja bakti tersebut tidak hanya menciptakan lingkungan yang lebih bersih. Namun juga dapat menjalin kebersamaan antar warga yang lebih baik lagi.

“Tentunya melalui kegiatan ini dapat memperkuat sinergitas antara warga RT 09 dan 10 RW 03 bersama dengan Karang Taruna Kelurahan Depok serta LPM Kelurahan Depok,” tutupnya.

 

Penulis: Guntur Widyanto

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :