Bidang Statistik dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok mengadakan kegiatan Sosialisasi Pengamanan Informasi Berklasifikasi yang diikuti oleh perwakilan Perangkat Daerah, Kecataman, dan Kelurahan se-Kota Depok. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Hotel Santika Depok, Senin (16/04/2018).

depok.go.id- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok menggelar sosialisasi pengamanan informasi berklasifikasi di Hotel Santika, Senin (16/04/2018). Sosialisasi digelar agar memberikan pemahaman kepada semua Perangkat Daerah (PD) dalam mengelola perlindungan informasi yang berklasifikasi untuk publik.

“Data dan informasi yang ada di lingkungan pemerintah tidak semuanya dapat menjadi informasi publik, maka perlu dilakukan penggolongan jenis informasi,” tutur Kepala Diskominfo Kota Depok Sidik Mulyono.

Menurutnya, informasi yang berklasifikasi merupakan informasi yang telah ditetapkan dan apabila diketahui oleh pihak yang tidak berhak dapat membahayakan keamanan. Dikarenakan, informasi yang dikecualikan tersebut bersifat ketat dan terbatas.

“Informasi ini memungkinkan untuk dilakukan pembukaan, tetapi dengan syarat dan kondisi tertentu yang diatur oleh undang-undang,” tambah Sidik.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Depok, Herman Hidayat mengatakan, informasi merupakan aset penting yang dimiliki organisasi. Untuk itu, diperlukan perlindungan dari berbagai ancaman dan kerugian informasi.

“Informasi yang dikecualikan sudah ditetapkan sebagai informasi yang berklasifikasi, sehingga segenap jajaran organisasi harus kritis dan rahasia, sebab tidak semua informasi dapat dikonsumsi publik,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnamasari

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :