depok.go.id – Inovasi pelayanan lewat aplikasi Sip Oke di Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, yang telah berjalan setahun diuji efektivitasnya oleh Tim Penilai Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar). Aplikasi ini mendapat dukungan Pemkot Depok, sebagai upaya mewujudkan pemerintah yang efektif dan bersih, karena meminimalisir pertemuan langsung antara petugas dengan warga yang sedang mengurus pelayanan.

Kepala Sub Bagian Pelayanan Publik Biro Organisasi Pemprov Jabar, Ratu Siti Khodijah mengatakan, kompetisi tersebut diikuti sekitar 12 kelurahan dari 44 inovator se-Provinsi Jabar. Setelah penilaian ini, pihaknya akan menyaring para kandidat tersebut menjadi tiga besar, sebagai inovasi pelayanan publik terbaik se-Jabar.

“Tujuan dari kompetisi ini, guna menumbuhkan semangat berinovasi di semua pemerintahan kota/kabupaten, hingga level kelurahan/desa,” katanya, di Kantor Kelurahan Mekarjaya, Senin (16/04/2018).

Dikatakannya, kompetisi tahunan tersebut menghadirkan tim independen dari beberapa lapisan masyarakat. Di antaranya, melibatkan akademisi dan wartawan. Pihak ketiga itulah yang akan memberikan penilaian terhadap sejumlah inovasi dan paparan yang dikemukakan para peserta.

Dirinya berharap, berbagai inovasi yang diterapkan pihak kelurahan/desa bisa berdampak positif terhadap citra pemerintah dalam memberikan pelayanan publik. Termasuk, menjadi inspirasi bagi wilayah-wilayah lainnya.

Sementara itu, Lurah Mekarjaya, Ahmad optimis bisa memberikan hasil yang terbaik. Terlebih, dirinya telah melakukan berbagai persiapan yang matang untuk menghadapi lomba tersebut.

“Kami telah mempersiapkan maksimal dan berusaha memenuhi apa yang menjadi kriteria dari tim penilai. Tentu harapan diberikan yang terbaik,” tutupnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :