depok.go.id – Upaya mewujudkan tercapainya program unggulan Depok sebagai Kota Ketahanan Keluarga, dilakukan dengan mengedepankan program pemberdayaan masyarakat. Seperti peningkatan keterampilan kader dalam membina ketahanan keluarga melalui pembinaan keluarga tribina yang meliputi, Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), dan Bina Keluarga Lansia (BKL) bagi para kader.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok, Elly Farida mengatakan, tribina ini merupakan program yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota dan orang tua dalam membina tumbuh kembang anak. Dilihat baik secara fisik, motorik kasar dan halus, serta kecerdasan emosional, yang terbaik bagi balita, anak, dan remaja.

“PKK juga akan turun ke lapangan dalam memberikan pelatihan bagaimana mengasuh anak, membimbing keharmonisan keluarga dan lainnya secara teknis,” jelas Elly Farida, usai mengisi materi dalam kegiatan pelatihan Kelompok Kerja (Pokja) yang diselenggarakan Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok di Gedung Dibaleka II, Balai Kota Depok, Senin (16/04/2018).

Ditambahkannya, dengan pelatihan seperti ini diharapkan akan lebih mempermudah tugas kader dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan. Serta pembinaan yang dilakukan terhadap kelompok BKB, BKR, dan BKL di wilayahnya.

Di tempat yang sama, Kepala DPAPMK Kota Depok, Eka Bachtiar menjelaskan, tujuan diadakannya pelatihan bagi para kader PKK ini guna meningkatkan pemahaman tentang pelaksanaan 10 Program Pokok PKK, serta meningkatkan fungsi dan kinerja para kader PKK yang berada di Pokja I, II, III, IV, dan sekretariat.

“Mudah-mudahan pelatihan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kader,” harapnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :