depok.go.id-Setelah menyelenggarakan ujian sekolah untuk jenjang SMP sederajat, kini Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok mulai mempersiapkan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) tingkat Sekolah Dasar (SD). Ujian akhir untuk para pelajar kelas enam ini, akan diselenggarakan pada 22-24 April 2019.

“Pelaksanaan USBN diikuti sekitar 28 ribu pelajar SD, baik di negeri maupun swasta,” ujar Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin kepada depok.go.id, Selasa (16/04/2019).

Dikatakannya, ada tiga mata pelajaran yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Adapun, untuk USBN susulan diadakan pada 26, 29, dan 30 April dengan mata ujian yang sama.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan SD pada Bidang Pendidikan Dasar (Pendas) Disdik Kota Depok, Sada mengatakan, agar USBN berjalan lancar dan aman, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan. Di antaranya, melakukan pembinaan intensif terhadap para pengawas ruang ujian.

“Mereka ini yang akan mengawasi proses USBN di masing-masing satuan pendidikan sesuai dengan surat tugasnya,” katanya.

Dikatakannya, saat ini pihak Disdik Depok masih menunggu soal-soal USBN. Diperkirakan, imbuhnya, semua paket soal akan dikirimkan pada Jumat tanggal 19 April 2019.

“Intinya, persiapan kita kebut, apalagi hari libur di bulan ini cukup banyak. Mudah-mudahan pelaksanaan USBN lancar, aman, dan terkendali. Lebih utama, kualitas pelaksanaan ujian semakin meningkat,” ucapnya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :