DPRD Kabupaten Bogor mengunjungi Kantor Disdik Depok. (Pipin/Diskominfo)

depok.go.id – Keberhasilan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam meningkatkan kualitas pendidikan membuatnya dijadikan acuan oleh banyak pihak, termasuk oleh DPRD Kabupaten Bogor. Di hadapan rombongan kunjungan kerja (kunker) DPRD Kabupaten Bogor, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok membagikan rahasia sukses dalam mengelola pendidikan.

“Kami merasa terhormat, dikunjungi oleh para anggota dewan yang ingin berdiskusi tentang kondisi pendidikan di Kota Depok,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Pendas) Disdik Kota Depok, Mulyadi, di Balai Kota, Rabu (16/05/2018).

Pada kesempatan itu, dirinya menjelaskan Rata-rata Lama Sekolah (RLS) di Kota Depok sekitar 10,92 tahun dan Harapan Lama Sekolah (HLS) sebesar 14,08 tahun. Selain itu, imbuhnya, pihaknya juga melakukan langkah nyata agar anak-anak di Kota Depok bisa memenuhi hak pendidikannya, selama 12 tahun.

“Dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), kita mengakomodir berbagai segmen pelajar. Mulai dari prasejahtera hingga yang berprestasi. Dengan langkah ini, berkontribusi positif dalam meningkatkan angka RLS dan HLS,” katanya.

Senada dengan pernyataan tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Wasto mengakui, Kota Depok merupakan, salah satu kota yang memberikan perhatian cukup besar terhadap pendidikan. Salah satu buktinya, kata Wasto, ditunjukkan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Depok yang berada di atas 80 persen.

“Kami meyakini di antara faktor peningkatan komponen IPM adalah pendidikan. Karenanya, kami ingin belajar ke Depok terkait kiat-kiat mereka dalam hal itu. Tentunya, hasil dari sini, akan menjadi pertimbangan kami dalam membuat regulasi atau kebijakan yang sesuai dengan daerah kami,” tutupnya.

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Dunih

 

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :