depok.go.id- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok setuju dengan konsep angkutan umum yang dilengkapi  fasilitas air conditioner (AC) yang sudah dilakukan pada angkutan M 20 jurusan Depok – Pasar Minggu. Hal tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan badan usaha angkutan umum dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Boleh saja angkutan melengkapi fasilitasnya dengan AC karena layanan tersebut dibuat oleh badan hukum yang bersangkutan, Dishub hanya memberikan dukungan saja,” tuturnya saat ditemui di Kantor Dishub Kota Depok, Rabu (16/05/2018).

Dikatakan Anton, tidak ada izin khusus yang harus dilakukan badan usaha jika ingin meningkatkan fasilitas dalam angkutan umumnya. Yang terpenting, angkutan dalam kondisi layak dan berkapasitas sesuai dengan kondisi kendaraannya.

Selain itu, tambah Anton, angkutan umum tersebut harus lulus layak uji kendaraannya, berbadan hukum yang resmi, serta melakukan izin prinsip atau sebagai peremajaan angkutan yang lama.

“Izinnya sama seperti angkutan yang lainnya dan yang pasti kendaraannya masih layak dan melengkapi surat-surat dalam berkendara,” katanya.

Untuk penerapan tarif dikembalikan kepada badan hukum yang menaungi angkutan tersebut. Tentunya sesuai dengan tarif angkutan yang sudah ditentukan pemerintah baik tarif bawah maupun tarif atas.

Terakhir, Anton berharap dengan adanya angkutan umum ber-AC dapat menjadi contoh positif bagi badan usaha lainnya untuk terus meningkatkan pelayanan. Dengan tujuan memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang memanfaatkan kendaraan umum.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :