depok.go.id – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengatasi permasalahan sampah, didukung penuh warga Sawangan yang berinisiatif membangun bank sampah. Bahkan, kerja keras itu mulai membuahkan hasil dengan berdirinya 20 titik bank sampah di Kecamatan Sawangan yang terus dioptimalkan perannya untuk mendukung program Depok Bebas Sampah 2020.

Koordinator Kecamatan (Korcam) Bank Sampah Sawangan, Daud Maulana mengatakan, dari 20 titik bank sampah itu antara lain tersebar di Kelurahan Pasir Putih 3 titik, Kelurahan Sawangan Baru ada 3 bank sampah, serta Kelurahan Cinangka sebanyak 4 bank sampah. Kemudian di Kelurahan Pengasinan dengan 3 bank sampah, dan Kelurahan Bedahan dengan 7 titik bank sampah.

“Kami ingin bank sampah ini menjadi wadah berkumpulnya para pemilik bank sampah yang memiliki misi sama dengan Pemkot Depok, yaitu ingin menjadikan Depok sebagai kota yang bersih, sehat dan bebas dari permasalahan sampah,” ujar Daud, di Kecamatan Sawangan, Rabu (16/05/2018).

Ditambahkannya, dari 20 titik bank sampah ini, pihaknya menggandeng ratusan masyarakat untuk menjadi anggota bank sampah. Dia merinci, jika satu bank sampah terdapat 30 orang anggota, dikali dengan 20 titik. Maka sudah ada hingga 600 orang anggota bank sampah di seluruh Kecamatan Sawangan.

Daud juga mengaku, Pemkot Depok sangat mendukung keberadaan bank sampah. Dukungan konkret diberikan dengan melakukan pembinaan dan pemberian alat timbangan secara gratis.

“Kami berharap Pemkot Depok tidak berhenti membina dan mendukung kami yang ada di wilayah,” harapnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :