depok.go.id- Wali Kota Depok Mohammad Idris melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait pengawasan ketahanan pangan di Pasar Sukatani, Rabu sore (16/05). Sidak dilakukan sekaligus mengecek pasokan dan harga bahan pokok, sehari sebelum Ramadan.

“Dari hasil pemantauan yang sudah kami lakukan termasuk di beberapa pasar besar lainnya yaitu Pasar Tugu, Pasar Cisalak, dan Pasar Kemiri Muka, ketersediaan bahan kebutuhan pokok seperti beras, daging sapi, daging ayam, dan telur masih cukup. Selain itu, harga sejumlah komoditi juga terbilang cukup stabil,” kata Mohammad Idris kepada depok.go.id, usai melakukan sidak.

Dikatakannya, untuk harga beras kualitas premium masih stabil yaitu Rp 11.420/kg,  daging sapi murni Rp 120.000/kg, daging ayam broiler Rp 37.257/kg, telur ayam broiler Rp 22.767, minyak goreng curah Rp 11.157/liter dan gula pasir Rp 12.583/kg.

“Memang ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan seperti bawang merah dan cabai merah keriting tetapi naiknya masih dalam batas harga yang wajar,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, selain memantau kebutuhan pokok, pihaknya juga melakukan uji sampel makanan yang mengandung bahan berbahaya. Dari hasil uji tersebut ditemukan ada bahan makanan yang menggunakan zat formalin.

“Dari hasil uji sampel yang dilakukan ada bakso yang terindikasi mengandung zat pengawet tetapi masih diteliti lebih lanjut,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :