Tim rescue Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok melakukan evakuasi korban longsor di Kelurahan Sawangan Baru. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok membantu evakuasi korban longsor yang terjadi di Gang Mesjid RT 002/ RW 07 Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan. Sebanyak enam personel diturunkan untuk mengangkat material longsor yang masuk ke dalam rumah pada Kamis malam (15/05/2019).

Menurut Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana, kejadian longsor yang menimpa rumah Amih disebabkan oleh tingginya curah hujan. Saat menerima laporan pada pukul 20.15 WIB, tim rescue langsung meluncur ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada pukul 20.20 WIB, dan tiba di TKP sekitar pukul 20.25 WIB dengan mengerahkan satu unit ranger UPT Damkar Bojongsari.

“Luas area yang terkena longsoran sekitar 3×3 meter persegi dengan lokasi longsor di dapur korban. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” kata Gandara kepada depok.go.id di ruang kerjanya, Kamis (16/05/2019).

Menurutnya, dalam melakukan evakuasi di TKP, tim rescue Damkar melakukan sejumlah upaya. Antara lain melakukan evakuasi runtuhan yang masuk ke rumah. Kemudian, melakukan antisipasi longsor susulan dengan membuat penahan agar longsor tidak semakin luas.

“Penahan juga sudah kami buatkan karena kalau ada longsor susulan akan sangat membahayakan sekali untuk pemilik rumah,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :