Lurah Sukamaju, Nurhadi (Foto/Diskominfo)

depok.go.id-Guna mendukung Kota Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA), Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, terus berupaya menambah jumlah RW Ramah Anak. Saat ini, tercatat sudah 14 RW Ramah Anak yang telah terbentuk di wilayah kelurahan tersebut.

“Alhamdulillah, hingga sekarang RW Ramah Anak telah terbentuk di 14 RW. Tinggal 15 RW lagi yang rencananya akan dibentuk di tahun ini,” tutur Lurah Sukamaju, Nurhadi kepada depok.go.id, baru-baru ini.

Dikatakannya, guna meningkatkan jumlah RW Ramah Anak, pihaknya gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui ketua RT/RW atau dalam kegiatan-kegiatan di masyarakat. Sebab, menurutnya dalam pembentukan RW Ramah Anak membutuhkan partisipasi aktif dari masyarakat.

“Selain itu, kita rencananya akan menghibahkan berbagai alat permainan ke seluruh RW untuk mendorong terbentuknya RW Ramah Anak di setiap RW,” ujarnya.

Dia menambahkan, pembentukan RW Ramah Anak sebagai salah satu bentuk pemenuhan hak anak karena terdapat lima indikator dalam pembentukannya. Pertama, pemenuhan hak sipil dan kebebasan. Kedua, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif. Ketiga, kesehatan dan kesejahteraan dasar. Keempat, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya. Kelima, perlindungan khusus.

“Kita harapkan dengan terbentuknya RW Ramah Anak juga dapat meminimalisir berbagai kasus-kasus terhadap anak seperti kekerasan dan eksploitasi terhadap anak. Jika ada kekerasan terhadap anak, kita harapkan masyarakat segera melaporkan,” tandasnya.

 

Penulis : Jose Marques

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :